Rabu, 16 Oktober 2013

LAMBANG LEWIS DAN STRUKTUR OKTET

                        LAMBANG LEWIS DAN STRUKTUR OKTET
       Lambang Lewis dan Struktur Oktet di temukan atau dirumuskan oleh Walter Kossel dan Gilbert Lewis, sekitar ada tahun 1916, kedua orang tersebut menyatakan bahwa terdapat hubungan antara stabilnya gas mulia dengan cara atom-atom unsur saling berikatan.
Lewis mengemukakan bahwa jumlah elektron terluar dari dua atom yang berikatan, akan berubah sedemikian rupa sehingga susunan elektron kedua atom tersebut sama dengan susunan elektron gas mulia.

                                          Lambang Lewis   
Lambang Lewis (Lewis symbol) atau lambang titik elektron Lewis (Lewis electron dot symbol) yaitu penggambaran suatu atom unsur yang dikelilingi oleh titik-titik yang menyatakan elektron valensi dari unsur terkait.
  Pada lambang Lewis elektron-elektron dalam tidak tidak digambarkan. Lambang lewis beberapa golongan utama diberikan pada gambar
style=Z � t s @G h F t;font-family:Arial;mso-ascii-font-family:Arial; mso-fareast-font-family:+mn-ea;mso-bidi-font-family:+mn-cs;color:black; mso-color-index:1;text-shadow:auto;language:en-US'>elektron terluar dari dua atom yang berikatan, akan berubah sedemikian rupa sehingga susunan elektron kedua atom tersebut sama dengan susunan elektron gas mulia.
1. Penulisan struktur Lewis
Langkah-langkah membuat struktur Lewis untuk molekul dengan ikatan kovalen tunggal dan rangkap
1.Tentukan semua atom yang membentuk molekul tersebut. Buat kerangka strukturnya dimana atom pusatnya biasanya adalah atom pertama dalam rumus kimia molekul tersebut. Ambil contoh molekul
                                  
; � l m @G h F font-family:Arial; mso-fareast-font-family:+mn-ea;mso-bidi-font-family:+mn-cs;color:black; mso-color-index:1;text-shadow:auto;language:en-US'> terluar dari dua atom yang berikatan, akan berubah sedemikian rupa sehingga susunan elektron kedua atom tersebut sama dengan susunan elektron gas mulia.
2. Tentukan elektron valensi dari atom-atom                                                                                                                                                                                        berdasarkan golongannya pada sistem periodik.
3. Tulis semua elektron valensi atom pusat dengan lambang (•). Letakkan 1 elektron pada sisi di mana terdapat atom lain. Sisanya, letakkan secara berpasangan contoh molekul terluar dari dua atom yang berikatan, akan berubah sedemikian rupa sehingga susunan elektron kedua atom tersebut sama dengan susunan elektron gas mulia.
4. Tulis semua elektron valensi atom lainnya dengan lambang (•) sedemikian sehingga mengikuti aturan oktet/duplet atau pengecualian aturan oktet.
                                   struktur lewis pada ikatan kimia
1. Struktur Lewis pada Ikatan Ion
  Pada ikatan ion, satu atom menyerahkan sebuah elektron pada yang lainnya, membentuk muatan positif dan negatif.
 2.  Struktur Lewis pada Ikatan Kovalen Tunggal
  ada ikatan kovalen tunggal melibatkan penggunaan bersama 1 pasang elektron dua atom yang berikatan   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar